04
SEP
2017

Mahasiswa Baru Ikut Matrikulasi Bahasa

LANGSA – Sebanyak 1100 orang mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa yang lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) jalur undangan, tes nasional dan tes mandiri, mengikuti matrikulasi bahasa di kampus setempat, Minggu (20/8/2017).Kepala UPT Pengembangan Bahasa IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Muhammad Rasyid Ritonga, mengatakan, kegiatan matrikulasi ini dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pengembangan Bahasa IAIN Langsa, selama 10 hari bagi seluruh mahasiswa baru IAIN Langsa untuk semua jurusan.

“Dalam matrikulasi bahasa ini, kita memberikan kemampuan dasar berbahasa asing bagi mahasiswa, terutama bahasa Arab dan Inggris. Sehingga mereka (mahasiswa-red) dapat menguasai dan memahami bahasa Arab dan Inggris yang juga menjadi bahagian dalam proses pendidikan di IAIN Langsa ini,” sebut Rasyid.

Selain pembekalan kemampuan dasar berbahasa asing, sambung Rasyid, matrikulasi bahasa ini juga bertujuan untuk menumbuhkan minat dan motivasi bagi mahasiswa baru untuk memperdalam dan mengasah kemampuan bahasa Arab dan Inggris dilingkungan kampus.

“Namun bagi mahasiswa yang tidak bisa atau belum mampu menguasai dan memahami bahasa asing Arab dan Inggris selama matrikulasi ini, maka kepada mereka nantinya akan diberikan materikulasi bahasa tambahan di luar jam kuliah saat proses perkuliahan nantinya,” jelasnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan materikulasi bahasa yang diikuti oleh ribuan mahasiswa baru IAIN Langsa ini dilakukan dengan sistim kelas. Dimana 1100 orang mahasiswa baru ini di bagi dalam setiap Ruang Kuliah Umum (RKU) di seluruh fakultas dalam lingkungan IAIN Langsa dengan jumlah mahasiswa per RKU 30 orang.

Leave a Reply

*

captcha *