JL3T is accredited!

Congratulations! Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching (JL3T) dari UPT Pengembangan Bahasa Berhasil Meraih Akreditasi Sinta 4

Langsa- Kegembiraan tengah dirasakan oleh tim JL3T (Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching) dari UPT Pengembangan Bahasa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa.  Setelah pengajuan untuk akreditasi sejak 05/02/2022 lalu dan melalui serangkaian proses penilaian, akhirnya pada 25/01/2021 terhitung mulai Volume 5 Nomor 1 Tahun 2019 sampai Volume 9 Nomor 2 Tahun 2023, JL3T menduduki peringkat 4 pada skala akreditasi jurnal nasional. Hasil yang diperoleh tersebut tentunya tidak lepas dari kontribusi setiap anggota tim. Perjuangan Dedy Suhery, Ph.D sebagai Editor in Chief, dan kawan-kawan ini akhirnya berbuah manis dengan perolehan nilai sebesar 57. “Kami merasa bersyukur atas perolehan Sinta 4 ini,” ucap Dedy.

Jurnal yang memiliki frekuensi terbitan 2 edisi per tahun ini menerima artikel-artikel berupa hasil laporan penelitian yang mencakup beberapa aspek terkait ilmu linguistik, literatur, dan pengajaran bahasa. Edisi pertama JL3T terbit pada tahun 2016. Kala itu pemrosesan penerbitan jurnal belum memaksimalkan penggunaan Open Journal System (OJS). Baru pada tahun 2019, OJS mulai dioptimalkan penggunaannya. Hal ini dinilai sangat mempengaruhi proses penilaian.  “Setelah perjuangan panjang sejak terbitan pertama dan mengalami pasang surut dalam perjalanan penerbitannya, Alhamdulillah awal tahun ini Allah Subhanahu wata’ala menjawab usaha dan doa kita semua”, tambah Dedy.

Dengan terakreditasinya JL3T tentu semakin bertambahnya jurnal ilmiah terakreditasi dari kampus IAIN Langsa. Hal ini tentu saja turut memperkaya khasanah keilmuan di kampus tersebut yang akan mengantarnya menjadi kampus yang unggul dan semakin bermanfaat bagi ummat sekarang pun di masa yang datang.

Leave a Reply

*